Smashed Pink Can

Sabtu, 09 Januari 2016

RESENSI BUKU



ResensiBuku: Sonata (MusimKelima) karangan Lan Fang
Judul : Sonata MusimKelima
Pengarang :Lan Fang
Penerbit : PT GramediaPustakaUtama
TahunTerbit : 2012
JumlahHalaman : 152 hlm
re_buku_picture_update_85546
Lan Fang yang lahir di Banjarmasin, 5 Maret 1970 merupakanseorangpenulisberkebangsaanIndoesia.Diamenulisbeberapa novel antara lain Reinkarnasi (2003), Pai Yin (2004), KembangGunungPurei (2005), TanpaKelamin (2007), Lelakon (2007). Selainmenulisbeberapa novel iajugaseringmenuliskanceritapendek. LulusanFakultasEkonomiUniversitas Surabaya inibermulaaktifmenulishanyasebagaipenyaluranhobi.Namun, kemudiandiamengakumenulisjugabisadijadikansebagaisumberpendapatanuntukhiduplayak.
Lan Fang aktifmembimbingparapelajardalamsejumlahpenulisankreatif.Secararutin, iamenularkankemampuanmenulisfiksikepadapelajar di sejumlahsekolah di Surabaya. Iadikenalsebagaiperempuanhebat, penuhenergiyanmenjujungpluralisme.
Kumpulan cerpen yang tersaji di dalambuku yang sengajaditerbitkanuntukmengenangnyainisangatmenarikbagiparapenggemarceritapendek.Sebagaimanasepertibukukumpulancerpenumumnya, bukuinimenyajikanbeberapaceritapendekdenganberbagaitema yang berkesan di hatiparapembaca.Nilaikehidupanterutamapermasalahancinta yang mendominasi di bukuinidiungkapkanpengarangdenganpenyajian kata-kata yang luarbiasamengagumkan.Sehinggapembaca yang membacabukuinipastilahakansangatmenyukaisetiapkalimat yang disajikanmeskidalambentuk yang sangatsederhana.
Sonata MusimKelima yang dipilihmenjadijudulbukuinimerupakangabunganduajudulceritapendek yang ada di dalamnya.Ceritapendek yang menceritakantentangpenantianseorangterhadapcintanyainisangatmenyentuh.KeduacerpeninibanyakmengambilkutipandaripuisiSapardiDjokoDamono yang merupakanwujudkekagumanpenuliskepadaidolanya.“Apakahada yang abadi?Sedangsungaimengalirdarihulukumuaralalukembalikehululagi”, merupakansalahsatukutipankalimatdariceritapendek yang menggetarkan.Penuliskerapmenghadirkan kata-kata sederhana yang mampumenghipnotispembacaolehkarenamaknanya yang bisasajaditangkapsebagaisesuatu yang bernyawa.
Lan Fang jugamampumenghadirkannilaikebudayaan lama Indonesia melaluikisah-kisahpewayangan yang dihadirkan.Narasi yang menguatkanmampudirasakanolehpembacausaimembacacerita-ceritapendek di dalamnya.Kelebihanlainbukuiniadalahmampumembuatpembacamemahamijalanceritasebabpenulistidaksecaragamblangmenceritakanmaksuddantujuannyasehinggapembacamampuberpikirkritisdalammemahamikonteksdanpermasalahan yang disuguhkan.
Rasanyasulitsekalimenemukankekurangan di bukuiniapalagibagiseseorang yang benar-benarmenggemariceritapendek.Namun, mengenaiseleradarisetiappembacawajarjikabeberapaceritapendekdaribukuinitidakbegitumenimbulkankesan yang mendalamsetelahdibaca, sebabhal yang disajikanmungkinsajaadalahhal yang hanyamenjadiimajinasipenulis di dalamkepalanyasendiri, sedangtidakmungkinimajinasiitudiciptakansecarasama di kepalasetiap orang. Ataumungkinbahasa yang terlalusederhana yang dihadirkanpenulisakanmenjadimembosankan.
Manfaat yang dapatdihadirkanseusaimembacabukuiniadalahbagaimanakeingananseorangpembacauntukbisamenuliskanhal-halluarbiasa yang terjadi di dalamhidup.Melankoli yang adajugamampumembawaperasaanpembacamenjadilebihpekadalammerasakansebuahkejadian di dalamkehidupan.Bukuinisangatcocokbagiparapenggemarceritapendek, terutamasastra.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar